Iklan by MUKI

Renungan

KEMENANGAN YANG ABADI

KEMENANGAN YANG ABADI, Lukas 24:1-9

Shalom saudara(i). Minggu prapaskah mengingatkan bersiap sambut hari kemenangan. Ada enam lilin dinyalakan serentak dan dimatikan satu tiap minggu sampai tiba minggu sebelum Jumat Agung. Paskah merupakan lanjutan peristiwa dari minggu Palma, Kamis Putih, Jumat Agung dan Sabtu Sunyi. Peristiwa ini saling terkait satu dengan lainnya. Paulus menulis: “Sebab yang sangat penting telah kusampaikan kepadamu, yaitu apa yang telah kuterima sendiri, ialah bahwa Kristus telah mati karena dosa-dosa kita, sesuai dengan Kitab Suci, bahwa Ia telah dikuburkan, dan bahwa Ia telah dibangkitkan, pada hari yang ketiga, sesuai dengan Kitab Suci;” (I Korintus 15:3-4). Paskah peristiwa terbesar dalam sejarah dan menyakinkan bahwa Kristus telah disalibkan dan telah mati dan telah dikuburkan dan telah bangkit pada hari ketiga. Bangkit artinya memenangkan kuasa alam maut. Kematian bukan akhir hidup, tetapi dimulainya kehidupan lain yang berbeda. Lukas menulis secara rinci tentang peristiwa kebangkitan Tuhan Yesus.

Selanjutnya...

Renungan Singkat

"Hidup bisa memberi kita 100 alasan buat menangis, tapi Tuhan memberi kita 1000 alasan untuk tersenyum."

Tanpa Nama

Kristen | Aras Gereja
GMAHK PDF Cetak E-mail Dibaca: 1976
PostAuthorIcon Majelis Umat Kristen Indonesia    PostDateIcon Sabtu, 12 Mei 2012 06:33

Tentang Gereja
Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh adalah denominasi Kristen yang beraliran evangelis. Gereja ini berakar pada Gerakan Millerite yang muncul di Amerika Serikat pada pertengahan abad 19.Ciri utama Gereja Advent adalah pengudusan hari Sabtu, hari ketujuh dalam pekan, sebagai hari Sabat.Pada tahun 1863, Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh, dalam bahasa Inggris the Seventh-day Adventist Church, diorganisasi. Gereja ini juga dikenal dengan nama Gereja Advent.

Ajaran dan Konfesi Gereja
Bertahun-tahun lamanya Gereja Advent enggan merumuskan dasar-dasar kepercayaannya. Pada tahun 1872 percetakan Advent di Bettle Creek, Michigan menerbitkan sebuah “sinopsis kepercayaan kita” dalam 25 dalil. Dokumen ini, setelah mendapat sedikit perbaikan dan perluasan menjadi 28 bagian, yang dimuat dalam Buku Tahunan Gereja 1889. Tahun 1980 diadakan rapat umum Gereja Advent sedunia untuk membahas dan memperluas dasar-dasar kepercayaan gereja walaupun dalam 27 paragraf. Dasar-dasar kepercayaan ini disempurnakan lagi pada tahun 2005 dengan menambahkan satu paragraf (dasar kepercayaan 11).

Bagi Gereja Advent dasar kepercayaan bukanlah untuk digunakan sebagai pernyataan keyakinan dalam perangkat kepercayaan konkrit secara teologis. Pengajaran satu-satunya yang dianut orang Advent ialah: “Alkitab, dan hanya Alkitab saja.” Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh menerima Alkitab sebagai satu-satunya kepercayaan mereka dan memegang kepercayaan dasar tertentu sebagai ajaran Kitab Suci. Kepercayaan dasar seperti yang diuraikan di sini, merupakan pengertian dan pernyataan gereja tentang ajaran Kitab Suci. Perubahan atas pernyataan-pernyataan ini dapat dibuat dalam Rapat Umum General Conference ketika gereja dipimpin oleh Roh Suci pada pengertian kebenaran Alkitab yang lebih lengkap atau menemukan bahasa yang lebih baik dalam menyatakan ajaran-ajaran firman Allah yang suci.

Struktur Organisasi
Uni Indonesia Kawasan Barat
Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh adalah kumpulan umat percaya Kristen sedunia. Kehadiran anggotanya ada di hampir setiap negara di dunia. Dimanapun Anda jumpai seorang Advent, Anda dapati mereka menjalankan kehidupan yang sesuai dengan prinsip-prinsip Alkitab sesuai dengan iman mereka dalam Tuhan. Mereka juga terlibat aktif dalam meningkatkan derajat kehidupan masyarakat sekitar dalam wujud kegiatan sosial dan kemanusiaan.

Secara administratif, pelayanan gereja dibagi dalam 13 wilayah regional yang dikenal sebagai Divisi, kemudian sub-regional dibawahnya disebut Uni atau Wilayah. Uni Indonesia Kawasan Barat adalah satu dari 100 uni saat ini yang meliputi pulau-pulau Sumatera, Kalimantan, Jawa, Madura, Bali dan Nusa Tenggara Timur.

Daerah Sumatera Kawasan Utara (DSKU)
Daerah Sumatera Kawasan Tengah (DSKT)
Daerah Sumatera Kawasan Selatan (DSKS)
Konferens DKI Jakarta dan Sekitarnya (KDKI)
Konferen Jawa Kawasan Barat (KJKB)
Daerah Jawa Kawasan Tengah (DJKT)
Konferens Jawas Kawasan Timur (KJKT)
Distrik Kalimantan Kawasan Barat (DKKB)
Daerah Kalimantan Kawasan Timur (DKKT)
Daerah Nusa Tenggara (DNTT)

Misi
Titik berat misi gereja adalah dalam berbagai aspek kebebasan manusia yang bertanggungjawab. Hal ini mencakup kebebasan beragama dan hak asasi manusia, kegiatan kemanusiaan dan pengembangan, pola hidup sehat dan penyembuhan manusia seutuhnya, pendidikan dan pengembangan diri, isu-isu sosial dan keterlibatan dalam masyarakat.

Ajaran-ajaran Gereja Advent yang menonjol antara lain:
* Hukum Tuhan Allah(dasar kepercayaan 19) – Hukun Allah diwujudkan dalam Sepuluh Hukum        dan digambarkan dalam kehidupan Kristus mengikat semua bangsa di segala zaman.
* Hari Sabat (dasar kepercayaan 20) – Pemeliharaan hari Sabat, yakni hari ketujuh dalam sepeka      adalah dari matahari terbenam hingga matahari terbenam, ini perayaan tindakan penciptaan dan    penebusan Allah.
* Kedatangan Kristus yang Keduakali (dasar kepercayaan 25-28) – Kedatangan Juru Selamat akan    secara nyata, pribadi, terlihat, dan mencakup seluruh dunia. Pada saat itu orang benar yang          dibangkitkan dan orang benar yang hidup akan dimuliakan dan diangkat untuk bertemu Tuhan      mereka.

* Sifat Alami Manusia(dasar kepercayaan 7, 26) – Tiap orang merupakan satu kesatuan tubuh,        pikiran dan rohani yang tak dapat terpisahkan dan bergantung sepenuhnya kepada Allah.            Kematian merupakan keadaan tidak sadar untuk semua orang.
* Akhir Dosa (dasar kepercayaan 27) – Allah akan membinasakan Setan dan orang-orang jahat        dan membersihkan bumi dari dosa. Alam semesta akan bebas dari dosa dan orang berdosa            untuk selamanya.
* Pertentangan Besar (dasar kepercayaan 8) – Seluruh umat manusia sedang terlibat dalam            suatu pertentangan besar antara Kristus dan Setan. Pertentangan ini telah dimulai di surga pada    waktu seorang makhluk ciptaan yang telah diberi kuasa memilih, dalam keangkuhan diri telah        menjadi Setan.
* Bait Suci Surga (dasar kepercayaan 24) – Ada bait Suci di surga, yaitu bait suci sejati yang            didirikan oleh Tuhan. Di dalamnya Kristus melayani demi orang percaya untuk memperoleh            pengorbanan penebusan-Nya yang telah dipersembahkan sekali untuk selamanya di kayu salib.
* Pengadilan Pemeriksaan (dasar kepercayaan 24) – Yesus Kristus memulai pelayanan                      pengantaraan-Nya sejak kenaikan-Nya. Pada tahun 1844, yaitu akhir dari masa nubuatan 2300      hari, Ia memasuki fase kedua dari pelayanan penebusan-Nya, yaitu pengadilan pemeriksaan.          Akhir pelayanan Kristus ini akan menandai tertutupnya pintu kasihan bagi manusia sebelum            Kedatangan Kedua kali.
* Umat yang Sisa (dasar kepercayaan 13) – Pada zaman akhir waktu kejahatan merajalela,              sekelompok umat sisa telah dipanggil untuk memelihara hukum Allah dan iman kepada Yesus.        Umat yang sisa ini akan mengumumkan keselamatan melalui Kristus. Pengumuman ini                  dilambangkan oleh tiga malaikat dalam Wahyu 14.
* Karunia Nubuat (dasar kepercayaan 18) – Salah satu karunia Roh Kudus adalah karunia nubuat      yang diwujudkan dalam pelayanan Ellen G. White. Tulisan-tulisannya merupakan sumber              kebenaran yang berwewenang, yang terus memberi hiburan, bimbingan, petunjuk dan                perbaikan kepada gereja. Tulisan tersebut juga memperjelas bahwa Alkitab adalah standar            semua ajaran.

Sejarah Gereja
Pada awal abad ke-19 banyak orang Kristen – termasuk di dalamnya kalangan Baptis, Presbiterian, Metodis, Lutheran, Anglikan, Kongregasionalis – melakukan studi mendalam tentang Daniel 8. Para penyelidik Alkitab itu mengharapkan beberapa kejadian yang sangat penting akan terjadi sehubungan dengan nubuatan 2300 petang dan pagi dalam Daniel 8. Salah satu kelompok yang menonjol dalam penyelidikan ini dipimpin William Miller, seorang anggota Gereja Baptis. Mereka percaya bahwa Yesus akan datang ke bumi pada tanggal 22 Oktober 1844. Belakangan pengikut-pengikut Gerakan Miller ini menyadari bahwa mereka telah keliru menafsirkan hari kedatangan kembali Yesus, dan menyebut hari yang mereka harapkan Yesus akan datang sebagai “Hari Kekecewaan”.

Penyelidikan Alkitab memberikan penjelasan bahwa pada hari itu Yesus memasuki ruang maha suci di Bait Suci surgawi dan memulai penghakiman dunia ini. Di bait suci/kaabah surgawi itu Yesus Kristus memulai pekerjaan penghakimannya demi keselamatan manusia sebab “Ia sanggup juga menyelamatkan dengan sempurna semua orang yang oleh Dia datang kepada Allah. Sebab Ia hidup senantiasa untuk menjadi Pengantara mereka.” (Ibrani 7:25). Orang-orang Advent percaya bahwa Yesus akan segera datang, tetapi tidak seorangpun tahu kapan harinya.

Sekitar 20 tahun pengikut-pengikut Miller tersebar di Amerika Serikat tanpa terorganisir. Pengikut-pengikut Gerakan Miller ini antara lain: James White, Ellen G White, dan Joseph Bates. Pada tanggal 23 Mei 1863 sebagian pengikut Gerakan Miller secara resmi membentuk organisasi gereja yang bernama General Conference of Seventh-day Adventists di Battle Creek, Michigan dengan anggota sebanyak 3.500 orang. Melalui penginjilan yang intensif, Gereja Advent berkembang hingga ke seluruh dunia. Pada tahun 1903 kantor pusat denominasi ini pindah ke Tacoma Park, Maryland. Tahun 1989 hingga sekarang, kantor pusat Gereja Advent berada di 12501 Old Columbia Pike, Silver Spring, MD 20904, USA.