Iklan by MUKI

Renungan

KEMENANGAN YANG ABADI

KEMENANGAN YANG ABADI, Lukas 24:1-9

Shalom saudara(i). Minggu prapaskah mengingatkan bersiap sambut hari kemenangan. Ada enam lilin dinyalakan serentak dan dimatikan satu tiap minggu sampai tiba minggu sebelum Jumat Agung. Paskah merupakan lanjutan peristiwa dari minggu Palma, Kamis Putih, Jumat Agung dan Sabtu Sunyi. Peristiwa ini saling terkait satu dengan lainnya. Paulus menulis: “Sebab yang sangat penting telah kusampaikan kepadamu, yaitu apa yang telah kuterima sendiri, ialah bahwa Kristus telah mati karena dosa-dosa kita, sesuai dengan Kitab Suci, bahwa Ia telah dikuburkan, dan bahwa Ia telah dibangkitkan, pada hari yang ketiga, sesuai dengan Kitab Suci;” (I Korintus 15:3-4). Paskah peristiwa terbesar dalam sejarah dan menyakinkan bahwa Kristus telah disalibkan dan telah mati dan telah dikuburkan dan telah bangkit pada hari ketiga. Bangkit artinya memenangkan kuasa alam maut. Kematian bukan akhir hidup, tetapi dimulainya kehidupan lain yang berbeda. Lukas menulis secara rinci tentang peristiwa kebangkitan Tuhan Yesus.

Selanjutnya...

Renungan Singkat

"Hidup bisa memberi kita 100 alasan buat menangis, tapi Tuhan memberi kita 1000 alasan untuk tersenyum."

Tanpa Nama

Kristen | Aras Gereja
PBI PDF Cetak E-mail Dibaca: 1790
PostAuthorIcon Majelis Umat Kristen Indonesia    PostDateIcon Sabtu, 12 Mei 2012 06:34

Persekutuan Baptis Indonesia

Kami umat Baptis di Indonesia, yaitu Umat Tuhan Yesus Kristus yang tergabung dalam berbagai organisasi Gereja Baptis menyadari sepenuhnya akan keberadaan dan peran kami sebagai utusan Tuhan Yesus dalam melakukan pekerjaan-Nya di dunia ini dan di Indonesia pada khususnya.

Dengan keberadaan dan peranan tersebut kami berkewajiban melaksanakan Amanat Agung Tuhan Yesus Kristus, sebagaimana tercantum dalam Alkitab (Mat. 28:18–20; Mrk. 16:15-16; Luk. 24:46-48; Yoh. 20:21; Kis. 1:8).

Untuk itu perlu adanya persatuan Umat Baptis Indonesia sehingga pada tanggal 4 Maret 1981 telah dibentuk Aliansi Baptis Indonesia yang beranggotakan Gabungan Gereja Baptis Indonesia (GGBI), Kerapatan Gereja Baptis Indonesia (KGBI) dan Persekutuan Gereja-Gereja Baptis Irian Jaya (PGBIJ). Selanjutnya, pada tanggal 18 September 1989 jumlah anggota Aliansi Baptis Indonesia bertambah dengan bergabungnya Gereja Baptis Independen Indonesia (GBII) dan Gereja Perhimpunan Injili Baptis Indonesia (GPIBI).

Aliansi ini telah bersepakat untuk membentuk Badan Kerjasama yang lebih luas dalam bentuk Persekutuan dari Organisasi Gereja-Gereja Baptis di Indonesia. Untuk memenuhi maksud tersebut pada tanggal 26 – 28 Maret 1991 di Bogor, Jawa Barat diselenggarakan Musyawarah para Pimpinan Organisasi Gereja-Gereja Baptis di Indonesia yaitu GGBI, KGBI, PGBIJ, GBII dan GPIBI. Dalam musyawarah itu Sinode Gereja Kristen Baptis Jakarta (SGKBJ) bergabung dalam Persekutuan ini.

Dalam Musyawarah Nasional 14-15 Oktober 2008 telah diadakan perubahan Anggaran Dasar Persekutuan Baptis Indonesia dengan keanggotaan Gabungan Gereja Baptis Indonesia (GGBI), Kerapatan Gereja Baptis Indonesia (KGBI), Persekutuan Gereja-Gereja Baptis Papua (PGBP) yang sebelumnya bernama Persekutuan Gereja-Gereja Baptis Irian Jaya (PGBIJ), Gereja Baptis Independen Indonesia (GBII), Gereja Perhimpunan Injili Baptis Indonesia (GPIBI) dan Sinode Gereja Kristen Baptis Jakarta (SGKBJ).

Badan Pengurus Nasional PBI
Ketua Umum:
Pdt. Ronny Welong, M.Div. (Ketua KGBI)

Sekretaris:
Pdt. Joshua Katio, S.PAK., M.Div. (Ketua GBII)

Anggota:
Pdt. DR. Timotius Kabul (Ketua GGBI)
Pdt. Perinus Kogoya, Dip. Th. (Ketua PGBP)
Pdt. Sumbut Yermianto, D.Min. (Ketua GPIBI)
Pdt. Johan Gophur (Ketua SGKBJ)

BPN Pengurus Harian PBI

Ketua:
Pdt. Guntur Subagyo, M.Th. (GGBI)

Sekretaris:
Pdt. Johni Mardisantosa, S.Th. (GGBI)

Bendahara:
Pdt. Drs. M. Yohanes Raso, M.Si. (GBII)