Iklan by MUKI

Renungan

KEMENANGAN YANG ABADI

KEMENANGAN YANG ABADI, Lukas 24:1-9

Shalom saudara(i). Minggu prapaskah mengingatkan bersiap sambut hari kemenangan. Ada enam lilin dinyalakan serentak dan dimatikan satu tiap minggu sampai tiba minggu sebelum Jumat Agung. Paskah merupakan lanjutan peristiwa dari minggu Palma, Kamis Putih, Jumat Agung dan Sabtu Sunyi. Peristiwa ini saling terkait satu dengan lainnya. Paulus menulis: “Sebab yang sangat penting telah kusampaikan kepadamu, yaitu apa yang telah kuterima sendiri, ialah bahwa Kristus telah mati karena dosa-dosa kita, sesuai dengan Kitab Suci, bahwa Ia telah dikuburkan, dan bahwa Ia telah dibangkitkan, pada hari yang ketiga, sesuai dengan Kitab Suci;” (I Korintus 15:3-4). Paskah peristiwa terbesar dalam sejarah dan menyakinkan bahwa Kristus telah disalibkan dan telah mati dan telah dikuburkan dan telah bangkit pada hari ketiga. Bangkit artinya memenangkan kuasa alam maut. Kematian bukan akhir hidup, tetapi dimulainya kehidupan lain yang berbeda. Lukas menulis secara rinci tentang peristiwa kebangkitan Tuhan Yesus.

Selanjutnya...

Renungan Singkat

"Cinta bisa buat orang bahagia; uang bisa buat dunia berputar; tapi sahabat... ah, itu yang buat hidup lebih hidup."

Tanpa Nama

Kristen | Aras Gereja
PGT PDF Cetak E-mail Dibaca: 2360
PostAuthorIcon Majelis Umat Kristen Indonesia    PostDateIcon Jumat, 16 November 2012 15:08

Sejarah Singkat
"Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung dunia."

Ayat ini merupakan nasehat yang penting dari TUHAN Yesus Kristus sebelum Ia naik ke surga, juga merupakan ayat kunci dari seluruh Kitab Kisah Para Rasul. Didalamnya terkandung: "Kesaksian yang": menjadi tanggung jawab kita. "Roh Kudus": kekuatan pendorong dari kesaksian kita. "Ujung Bumi": visi yang jauh kedepan dari kesaksian kita.
Berdiri

Dua tahun menjelang tahun 2000, ketika masyarakat dunia dengan penuh optimis menyongsong datangnya millenium baru, diluar dugaan terjadi krisis moneter internasional. Asia adalah wilayah pertama yang terlanda krisis tersebut, bahkan di bumi Indonesia terjadi gejolak yang belum pernah terjadisebelumnya, sehingga setiap saat hati rakyat Indonesia merasa was-was, sedih dan marah menjadi satu. Dalam situasi yang demikian TUHAN menyatakan karyaNya di Gereja-Gereja Injili Jakarta, dimana TUHAN telah menggerakkan sekelompok rekan bahwa dalam kondisi yang seperti ini sangat memerlukan persatuan, kesatuan dan saling bekerja sama.

Situasi ini juga memperlihatkan betapa pentingnya Pengabaran Injil, dan dari sisi gereja-gereja berbahasa Mandarin juga memperlihatkan betapa mendesaknya regenerasi pendidikan bahasa Mandarin. Oleh karena itu mereka terdorong dan rela melepaskan keakuannya untuk mengikuti TUHAN. Setelah melalui pengumulan doa, menunggu dan beberapa kali mengadakan penjajakan, maka atas anugerah pimpinan TUHAN pada rapat gabungan (diantara CCCOWE distrik Jakarta, Gerakan Penginjilan Era 2000, Pusat Pelayanan Musik Gerejawi, Pusat Pelayanan Literatur Injil, dan Persekutuan Gereja-Gereja Kristen Injil Jakarta) tanggal 11 Nopember 1997 telah mensponsori terbentuknya PUSAT PELAYANAN GEREJA-GEREJA INJILI INDONESIA (PPGII), yang diresmikan tanggal 29 Agustus 1998.

Tujuan:
Melayani para jemaat
Selama kurun waktu sekian tahun ini, PPGII di bawah pimpinan dan penyertaan TUHAN, dengan semangat mengutamakan Kerajaan ALLAH telah memberikan pelayanan kepada gereja gereja. Sehingga pendirian PPGII menjadi kemuliaan bagi Tuhan.

Pdt. Daniel Cahyadi Sekjen PPGII malam doanya di hadapan TUHAN, menetapkan strategi dan arah untuk masa yang akan datang, maka dengan mempertimbangkan perubahan struktur organisasi, dibuat usulan program kerja masa depan.

Diharapkan nantinya PPGII bukan saja berperan dalam pelayanan, namun juga berperan menjalankan amanat dan tanggung jawab pendoa secara kenabian.

Sebagai pendoa harus:
- Memiliki kepekaan terhadap trend jaman.
- Memiliki kesetiaan terhadap tugas kepercayaan Allah Bapa.
- Memiliki perasaan berhutang terhadap kehausan batin manusia.
- Memiliki sense of mission terhadap gereja yang tak bergairah.

Team perencana dan strategi serta para pengurus departemen pada bulan agustus 2003 bertepatan dengan penyelenggaraan siding tahunan ke 5 telah mengundang Pdt. James Shia dari Chinese Christian Evangelistic Association sebagai pembicara dan juga sebagai penasehat dalam pembahasan dan perubahan struktur organisasi dan penetapan strategi.

Pada siang itu telah disetujui dan disahkan perubahan struktur organisasi menjadi 6 kelompok (departemen) utama, yaitu :
1. Pembaharuan gereja
2. Misi dan pendirian gereja
3. Yayasan terang dan garam
4. Pendidikan dan pembinaan
5. Himpunan usahawan dan professional
6. Sekretariat PGT

Berikut adalah penjelasan tentang struktur organisasi dan sasaran program kerja dari kelompok kelompok tersebut diatas, kiranya PPGII dapat dengan sehati bekerja sama dengan sekitar 300 gereja-gereja yang tersebar di Indonesia, untuk menyebarluaskan injil, tumbuh bersama bersatu dalam kasihNya.

Visi & Misi

Visi
1. Sehati Sepikir Menyebarluaskan Injil Tuhan Tumbuh Bersama Menyatakan Kasih
Tuhan Sehati Sepikir; yakni bukan hanya bersatu dalam organisasi, tetapi juga bersatu
dalam meneladani kehidupan Kristus.
2. Menyebarluaskan Injil Tuhan, yakni melalui penjabaran visi membuka wawasan baru
ladang pelayanan, mendorong serta memotivasi setiap gereja bersana-sama
menghimpun kekuatan untuk melaksanakan tugas misi Pekabaran Injil di dalam,
maupun di luar negeri.
3. Tumbuh Bersama, yakni mencapai pertumbuhan bersama melalui pembinaan iman,
dan melengkapi jemaat dengan teknis pelayanan dengan tetap bercirikan latar belakang kebudayaan Tionghoa.
4. Menyatakan Kasih Tuhan, yakni menyalurkan kasih TUHAN dalam nemtuk
kepedulian social, guna mewujudkan kualitas terang dan garam dunia.

Sasaran
Berpusat di Jakarta, berkembang ke seluruh Nusantara
Berpijak di Indonesia, berwawasan dunia

Misi
1. Melayani gereja-gereja
2. Mendorong kerja sama
3. Mengsharingkan visi
4. Menghimpun kekuatan
5. Mendorong perintis jemaat
6. Mencapai tujuan

Tiga “TIDAK”
1. Tidak ikut kegiatan politik, gereja dan politik harus ada pemisah.
2. Tidak ikut campur urusan intern gereja atau badan misi.
3. Tidak mendirikan gereja atau pusat penginjilan didaerah dan negara manapun.

Pembaharuan Gereja
Pembaharuan dan pertumbuhan gereja adalah topik yang sering kita dengar, namun dalam kenyataannya tidak mudah untuk digerakkan dan dikendalikan. Dalam menghadapi berbagai imbasan jaman, gereja-gereja berlatar belakang Tionghoa kurang teguh dalam Iman juga kurang berbobot dalam kehidupan kerohanian, kurang memiliki kasih yang murni, kurang berakar dalam kebenaran, kurang dinamika dalam doa, kurang efektif dan efisien dalam memobilisasi jemaat, untuk itu PPGII akan menggerakkan mereka untuk selanjutnya lebih meningkatkan diri. Diantaranya faktor yang terpenting adalah dinamika rohani dan memobilisasi semua pihak untuk mementingkan doa.

Pembaharuan dinamika rohani
Pelatihan doa
Melalui fungsi persekutuan doa gabungan gereja gereja dan persekutuan doa wanita
Rencana pembangunan bukit doa (nama belum ditetapkan) sebagai tungku penggondokan kerohanian
Pembaharuan ibadah
Pendidikan dan Pembinaan

Pengembangan sumber daya yang utama adalah manusia, kiranya melalui pelatihan dan pembinaan dapat menghasilkan SDM dalam berbagai tingkat lapisan.

Pelayanan utama
Pendidikan Theologi Mandarin bagi aktifis
Untuk Jakarta kelas dimulai bulan September 200, dan direncanakan akan dibuka di palembang dan wilayah lain.
Bekerja sama dengan pihak Tiongkok menyelenggarakan pendidikan alkitab dengan sistem 2 tahun.

Misi & Pendirian Gereja
Program rencana gerakan 5250
Dalam jangka waktu 5 tahun menggerakkan Gereja-gereja Tionghoa merintis pembangunan gereja (150 jemaat baru termasuk pos) dan membantu gereja pedalaman merintis 100 jemaat baru.

Saran:
Para utusan jemaat agar membawa kembali visi ini untuk dibahas di majelis maupun disharingkan kepada anggota jemaatnya.
Mendorong jemaat menggunakan doa sebagai titik awal dari aksi ini.
Diharapkan dalam waktu dekat, mengumpulkan para pemimpin jemaat yang berbeban untuk bersana-sama merealisasikan dalam tindakan kongkrit.

Pekerjaan pembinaan misi
Pekerjaan departemen misi dan pendirian gereja ini tidak berarti menggantikan pelayanan misi gereja / sinode, namun berhubungan dengan pekerjaan misi. Jadi fungsinya sebagai saluran dan penyampaian visi bagi gereja gereja / sinode dalam pekerjaan misi, dengan tujuan mensharingkan beban visi dan amanat.

Pembinaan misi PPGII mengutamakan para penginjil yang melayani di desa-desa terpencil dan dalam pembukaan / pendirian gereja-gereja disana. Dengan mengedakan pembinaan jangka pendek dan merencanakan untuk membantu dalam bahan-bahan naskah khotbah untuk menolong para penginjil dalam pelayanan diatas mimbar. Selanjutnya pekerjaan ini akan bekerjasama PPGII wilayah, sekolah-sekolah seminary.

Pembinaan pertumbuhan gereja
PPGI akan mengundang dan mengatur Hamba-hamba TUHAN yang bertalenta baik dari dalam maupun luar negeri untuk diatur mengadakan kebaktian khusus gabungan diwilayah-wilayah.

Pengurus
Majelis Pekerja Harian PGTI
Ketua Umum : Pnt. Dr. Suhendro Hadiwidjojo
Wakil Ketua :
Subianto Tjandra
Pdt. A. O. Angkasa
Yuki Chandra

Sekretaris Umum : Jane Lim
Notulis :
Pdt. Dr. Jusuf Pangestu
Pdt. Grace Elim, M.div

Bendahara : Stephen Mulyadi
Lukas Jethrokusuma

Penasehat :
Pdt. Dr. Peter Wongso ; Pdt. Andreas H. Simeon, M.Th; Pdt. Johan Gopur; Pdt. Dr. Daniel Lukas Lukito; Pdt. Hardi M. Farianto, B.Th; Pdt. Yohanes Adrie Hartopo, Ph.D; Pdt. Philip Tjendana; Pdt. Charles Christano; Pdt. Bambang Wijanto; Pdt. Dr. Joseph Tong; Pdt. Dr. Freddy Lay; Pdt. Dr.Henry Efferin; Pdt. Joshua Ong, Ph.D; Pdt. Alex Lim; Pdt. Dr. Netty Lintang; Pdt. David Iman Santoso; Pdt. William Liem; Pdt. I Made Mastra; Pdt. Hendra G. Mulia; Pdt. Dr. William Hosanna

Penasehat Harian : Pdt. Daniel Chahyadi
Pdr. Joshua Ong Ph. D.

Penasehat Medis : Dr. Alvin Wullur

Majelis Pekerja : (Alphabetis sesuai dengan Nama Marga Tionghoa)
Yongky Purnomo ; Charles Hadiwidjaja; Handi Irawan; Ong. Suryadi M; Chua Sew Hoon; Lili Junaedi; Pnt Joe Hidayat; Pnt Benny Soenarjo; Judi Timadius; Probo Yuwono Tan; David Tanuwijaya; Rustam Effendi; Pnt Komaruddin Tohir; Lukas Jethrokusumo; Indra Lazuardi; Ishak Soekamto; Pdt. Samuel Yapto; Rudy Salim; Agus Tjandra; Pnt Suwadji Wijaya; Yusuf Gunawan; Kor Hin Lung; Ibrahim Siddik; Anton Suhirman; Edy Tan; Pdt. Johan Gofur; Pdt.Daudi Rachmat; Pnt Kerachmat Tjahja Diputra; Pnt Handoko T. A; Harianto Hoetama

Badan Pengawas Perbendaharaan :
Kadep : Drs. Suryadi Hartanto
Anggota : Drs. Timotius Paulus, MBA
Pengurus Departemen PGTI

Departemen Pembinaan Misi (PI)
Kadep : Pnt Handoko T. A.
Wakadep : Pnt Kerachmat Tjahja Diputra
Pnt Lili Junaedi

Departemen Pertumbuhan Gereja
Kadep : Yuki Chandra
Wakadep :
Pdt. Daudi Rachmat
Pdt. Johan Gopur

Departemen Ibadah & Musik (DIM)
Kadep : Indra Lazuardi, MBA
Wakadep : Pnt Benny Soenarjo
Ishak Soekamto
David Tanuwijaya

Pelayanan Kantor PGTI
Kepala Kantor : Pnt Komaruddin Tohir
Sekretaris :
Ester Tjiong (Mandarin)
Henna Jonina Dorkas(Indonesia)
Bendahara : David
Umum : Djoni Pang

Medis : dr. Megalina Oman
Anggota :
Timotius Oentoro; Jusuf Rachmadi; Martha Tandaroesman; Maria Tandaroesman; Aldric Trenseno; Pdt. Elim Jonathan

Departemen Pelaynan Masyarakat Terang Garam
Kadep : Subianto Tjandra
(Merangkap Ketua Terang & Garam PGTI)
Wakadep :
Probo Yuwono Tan
Ong Suryadi

Departemen Informatika & Literatur
Kadep : Khor Hin Lung
Wakadep :
Pdt. Paulus Suhindro P.
Chua Sew Hoon

Departemen Pengembangan Organisasi
Kadep :Charles Hadiwidjaja
Wakadep :
Yusuf Gunawan
Lukas Jethrokusumo

Anggota :
Pnt Edy Tan; Suwadji Wijaya; Handi Irawan; Pnt Johan Suwarno; Suwadjie Wijaya; Ishak Soekamto; Anton Suhirman; Pnt Joe Hidayat; Ibrahim Siddik; Judi Timadius; Pdt. Samuel Yapto; Harianto Oetama; Rudy Salim; Jusuf Masawan; Pnt Agus Tjandra; Timotius Oentoro; Samuel Lim;
Frans Mawengkang; Pdt.Yung TikYuk; Timothy Tjan; GI Yohannes Onlyson

Departemen Hubungan Masyarakat
Dalam Negeri :
Kadep : Pdt. Dr. Jusuf Pangestu
Wakadep : Charles Hadiwidjaja

Luar Negeri:
Kadep : Jane Lim
Wakadep : Probo Yuwono Tan
Indra Lazuardi
Gospel Express
Ketua : Subianto Tjandra
Kadep : Probo Yuwono Tan
Redaktur : Pdt. A.O.ngkasa
Ass. Redaktur : Pdt. Grace Elim

Anggota :
Tjahyadi Halim; Agus Sutanto; Ishak Tamio; Susan Chang; Go Sie Bie

Kepala PGTI Wilayah
1. PGTI Jakarta
Kawil :Pdt. Elim Jonathan
Wakawil : Indra Lazuardi
David Tanuyijaya
2. PGTI Medan
Kawil : Darman Suseno
Wakawil : Dr. S. Ginting
3. PGTI Palembang
Kawil : Judi Timadius
Wakawil : Sumono Wijaya
4. PGTI Pontianak
Kawil : Pdt. Samuel Fu
Wakawil : Pdt Bakri Lie
5. PGTI Batam
Kawil : Jimmy Sieto
6. PGTI Semarang
Kawil : Rudy Yashito
Wakawil : Mintardja Wiliusa
7. PGTI Malang
Kawil :
Wakawil :
8. PGTI Denpasar
Kawil : Bondan Gunawan
Wakawil : G.I. Olimpas Sunarya
9. PGTI Bangka – Belitung
Kawil : Matius Liman
Wakawil : Pdt. Daniel Golgota (Bangka); Pdt. Yasin Hie (Belitung)
10. PGTI Makassar
Kawil : Samuel A. Saputra
11. PGTI Bandung
Kawil : Subianto Tjandra
Wakawil : Pnt. Benny Soenarjo
12. PGTI Surabaya
Kawil : Suwadjie Wijaya
Wakawil : Iwan Koesbianto; William Timotius; Ang Surya Jaya
13. PGTI Jambi
Kawil : Pdt. Yohanes C. Tjen
14. PGTI Samarinda
Kawil : Pdt. Yosep Cong
Wakawil : G.I. Johari Yohanis
15. PGTI Manado
Kawil : Allan F. Pratanto
Wakawil : G.I. Fukri Ciantara
16. PGTI Lampung
Kawil : Rustam Efendi
17. PGTI Pekan Baru
Kawwil : Andreas Lie
Wakawil : Yudianto

Departemen Jakarta

1. Persekutuan Doa Gereja-Gereja Injili
Kadep : Pdt. Elim Jonathan
Wakadep : Pdt. Johany Samuel
2. Persekutuan Doa Wanita
Kadep : G.I. Hanna Natanael
Wakadep : Pdt. Febi Haryati
3. Persekutuan Usia Indah
Kadep : Pdt. Philip Tjendana
Wakadep : G.I. Chen San Cen
4. Himpunan Usahawan & Profesional (HUP)Tionghoa
Kadep : Yongky Purnomo
Wakadep : Leo Kosasih
5. Dep. Musik Gerejawi & Ibadah
Kadep : Ira R. Tannos
Sekretaris : Lay Syiriami Kristine