Iklan by MUKI

Renungan

KEMENANGAN YANG ABADI

KEMENANGAN YANG ABADI, Lukas 24:1-9

Shalom saudara(i). Minggu prapaskah mengingatkan bersiap sambut hari kemenangan. Ada enam lilin dinyalakan serentak dan dimatikan satu tiap minggu sampai tiba minggu sebelum Jumat Agung. Paskah merupakan lanjutan peristiwa dari minggu Palma, Kamis Putih, Jumat Agung dan Sabtu Sunyi. Peristiwa ini saling terkait satu dengan lainnya. Paulus menulis: “Sebab yang sangat penting telah kusampaikan kepadamu, yaitu apa yang telah kuterima sendiri, ialah bahwa Kristus telah mati karena dosa-dosa kita, sesuai dengan Kitab Suci, bahwa Ia telah dikuburkan, dan bahwa Ia telah dibangkitkan, pada hari yang ketiga, sesuai dengan Kitab Suci;” (I Korintus 15:3-4). Paskah peristiwa terbesar dalam sejarah dan menyakinkan bahwa Kristus telah disalibkan dan telah mati dan telah dikuburkan dan telah bangkit pada hari ketiga. Bangkit artinya memenangkan kuasa alam maut. Kematian bukan akhir hidup, tetapi dimulainya kehidupan lain yang berbeda. Lukas menulis secara rinci tentang peristiwa kebangkitan Tuhan Yesus.

Selanjutnya...

Renungan Singkat

"Cinta bisa buat orang bahagia; uang bisa buat dunia berputar; tapi sahabat... ah, itu yang buat hidup lebih hidup."

Tanpa Nama

Kristen | Internasional
Kota BethlehemTempat Lahir Yesus PDF Cetak E-mail Dibaca: 1893
PostAuthorIcon Aco Manafe    PostDateIcon Selasa, 28 Januari 2014 10:34

Beberapa mil ke arah selatan Yerusalem, terletak Kota Betlehem. Umat Kristen seluruh dunia meyakini bahwa kota kecil ini adalah tempat lahirnya Yesus Kristus. Betlehem memiliki suasana keakraban; kota kecil bersejarah, khususnya bagi umat Kristen dunia menerima kunjungan ribuan wisatawan dan peziarah setiap tahun, dan meningkat ketika tiba Hari Natal, bulan Desember.

 

Banyak tempat suci Kristen, gereja dan biara-biara terbangun di Betlehem. Tampilan yang utama adalah Gereja Nativity dan Bundaran Manger, yang dibangun di atas gua di mana Yesus Kristus terlahir. Gereja yang berdampingan adalah St Catherine yang memiliki kotak kayu berukir, sebagai tempat penyimpanan salib. Hanya beberapa menit berjalan dari Bundaran Manger, terdapat Kapela Milk Grotto, di mana 2.000 tahun silam keluarga Jusuf dan Mariam diyakini mampir di sini dalam perjalanan mereka ke Mesir. Dan pada`saat itulah Mariam sedang hamil akan Sang Putra.

Di sini juga terdapat batu karang merah, yang kini luntur termakan zaman, dan konon berubah menjadi putih setelah terkena jatuhan air susu Mariam ke bumi. Sepanjang Jalan Milk Grotto-Gua Susu, Anda akan melihat pusat-pusat pengukiran yang membuat patung Bunda yang mengkilap dan perangkat dari kayu zaitun.

Makam Rachel

Pada gerbang masuk utara ke Betlehem terdapat Makam Rachel, istri Jacob, yang wafat di Betlehem pada saat melahirkan Benjamin. Makam Rachel berupa bundaran batu yang terletak di tepi jalan raya menjelang Betlehem. Di kota terdapat bekas-bekas dua terowongan yang mengalirkan air dari Permandian Salomon-Nabi Sulaiman ke Yerusalem.

Di museum ini Anda bisa menemukan tiruan Diwan (ruang tinggal tradisional) dan pameran pakaian tradisional, permata, foto-foto kuno dan berbagai milik pribadi di masa Mandat Inggris. Pusat kunjungan itu juga menawarkan berbagai sajian yang menarik. Suasana yang dinikmati rakyat Palestina masa sebelum 1948-masuknya Israel. Ada bekas kejayaan Imperium Herodes di perbukitan selatan Betlehem, tempat yang amat menarik bagi wisatawan.Dari atas benteng strategis di puncak bukit yang dibangun Raja Agung Herodes, memberikan pemandangan ke Betlehem dan Yerusalem. Meskipun Herodes wafat di Jericho, dia dimakamkan di sini.

Beit Jala

Sekitar dua km di barat Betlehem terdapat Beit Jala, kota yang berada di tengah pepohonan zaitun dan kebun anggur dengan pemandangan bebatuan Yerusalem yang tegak dan spektakuler. Lokasi unik kota dan udara yang menyegarkan, membuatnya sebagai tujuan liburan musim panas yang ideal bagi pengunjung yang mendambakan kebersihan, lingkungan yang damai dan indah. Dalam tahun-tahun terakhir Beit Jalan menjadi terkenal akibat hotel-hotelnya  yang modern dan restorannya yang bagus yang menyediakan aneka makanan dengan berbagai selera. Minyak zaitun adalah salah satu produk kota yang utama. Ia memiliki citra unik yang menunjukkan karakteristik pohon-pohon sekitarnya. Salah satu objek utama Beit Jala adalah Gereja Ortodoks St. Nicholas, yang dibangun tahun 1925 dan dinamai untuk tokoh-orang suci Beit Jala.

Beit Sahour

Beit Sahour terletak di tenggara Betlehem. Kota ini diwarnai dengan ladang-ladang zaitun, dan terkenal sebagai Ladang Penggembalaan, tempat di mana para malaikat memberitahu para gembala, mengenai kelahiran Yesus Kristus. Ada dua tempat menarik di sini: Kapela Fransiskan dan Gereja Ortodoks Yunani yang dibangun  di atas gua pada abad ke-5. Di sini juga terdapat beberapa pohon zaitun khusus. Sementara di dalam kota, Anda perlu mengetahui mengenai Museum Budaya Rakyat Kotapraja Beit Sahour.

Berkendaraan sejauh 6 km ke timur Ladang Pengembalaan melalui jalan yang membawa Anda ke Biara Gereja Ortodoks Yunani Mar Saba. Gereja ini dibangun di lembah, dan memiliki pemandangan menakjubkan yang melintasi Lembah Kidron, dan adalah bagian kunjungan utama ke Palestina pada abad ke-19. Pendirinya Santo Saba, yang datang dari Kapadokia pada abad ke-5.

Terdapat legenda mengenai Santo Saba yang hidup di gua bersama sejumlah singa selama bertahun-tahun. St Saba wafat pada usia 94 tahun, dan tengkoraknya masih tersimpan di gereja biara. Biara itu memiliki 110 kamar, meskipun sekarang hanya didiami beberapa biarawan saja. Para biarawan amat bersahabat dan tetap berdiam di dalam kamar. Namun sesuai dengan tradisi yang terpelihara, biara ini melarang masuknya wanita. Wanita hanya bisa menikmati suasana biara, dari luar saja.

Hebron

Kota ini terletak di selatan Bethlehem, dan merupakan salah satu kota tertua dunia yang terus didiami penduduk. Sejarah menunjukkan kaum Kanaan berdiam di Hebron sejak tahun 2000 Sebelum Masehi (SM). Dipercaya, bahwa Adam dan Hawa pun berdiam di Hebron, setelah mereka terusir dari Taman Eden. Hebron atau Al-Khalil  menjadi kota suci bagi umat Islam, Kristen dan Yahudi dan dikenal sebagai  tempat pemakaman Abraham. Mesjid Ibrahimi, disertai dengan rumah dan makam para biarawan, mendominasi bagian pusat kota.

Di dalam mesjid kaca-kaca jendela tampak kokoh dan memancarkan sinar ke bawah-ke arah lantai marmer dan dinding batu yang bertulisan. Batu-batu simetrik yang luas sebagai dinding mesjid tercakup menuruti gaya Herodes yang Agung.

Hebron juga terkenal sebagai kawasan kaya kebun anggur, pusat keramik, barang-barang kerajinan kaca, kerajinan kulit dan temuan seni lainnya.

Hebron yang tampak hidup, penuh warna, dan kreativitas adalah kata-kata yang lebih umum digunakan turis untuk menggambarkan kehebatan kotanya. Utara kota menjadi terkenal sebagai pabrik gelas ternama Hebron, dan juga terkenal sebagai pusat pembuatan kaca biru yang mengkilap. Turis dapat menyaksikan proses pembuatan kaca, mulai awalnya hingga selesai. Dan diangkat dari pot-pot yang terseleksi, guci dan hiasan-hiasannya. Pengunjung juga bisa mendapatkan keramik menarik di Hebron, beberapa darinya diwarnai dan kepingan lainnya dibiarkan alamiah. Penggemar barang kulit bisa mendapatkannya pada  para penyamak. Hebron juga terkenal karena permadani berwrnanya yang unik.

Souq Hebron atau Pasar Hebron adalah tampilan unik. Atapnya yang menawan, lorong-lorong dan pertokoan, di mana Anda bisa membeli semua barang, mulai dari produk kayu zaitun, bumbu, buah-buahan awetan (rasanya amat lezat), permata, serta keranjang terindah yang terbuat dari temali karet ban mobil.

Dengan mengutamakan seni, Hebron mendirikan museum untuk artefak arkeologi dan budaya di rumah permandian kuno-hammam. Sekitar 3 km ke utara pusat kota, terdapat Beit Ilanim, tempat seorang malaikat memberitahu Abraham dan Sarah, bahwa dia akan melahirkan seorang putra, yakni Ishak. Sebuah tempat menarik lainnya adalah Masqobia, dengan sebuah pohon oak besar yang mengisahkan, bahwa di sini Abraham meminta para malaikat beristirahat dan makan.

 

 

 

 

Add comment

Komentar tidak mewakili pandangan umum Majelis Umat Kristen Indonesia. Dilarang untuk berkomentar yang mengandung hujatan, fitnah, SARA dan lainnya yang merusak kedamaian. MUKI berhak untuk tidak menampilkan komentar yang dianggap tidak layak


Security code
Refresh