Renungan

Dengan Doa Pintu Pertolongan Tuhan Tersedia

Pendahuluan

Hidup rutinitas kita tidak pernah lepas dari keluar masuk. Anda pasti pernah keluar dan masuk. Saat seseorang berada di dalam, sesungguhnya ia baru saja dari luar/keluar. Begitu sebaliknya, saat seseorang berada di luar, sesungguhnya ia baru saja dari dalam. Ini adalah hukum alam. Karena bumi ini dibentuk dengan ruang-ruang. Orang dari Pulau Sumatera akan mengatakan kepada orang dari Pulau Jawa adalah orang luar pulau. Demikian sebaliknya.

Selanjutnya...

Renungan Singkat

"Cinta bisa buat orang bahagia; uang bisa buat dunia berputar; tapi sahabat... ah, itu yang buat hidup lebih hidup."

Tanpa Nama

Stats Counters


Visits today:23
Visits yesterday:43
Visits in this month:1652
Visits in previous month:1625
Visits in this year:16974
Visits total:30965
Kristen | Kebangsaan
Pemerintah Siapkan PP Terkait Ormas PDF Cetak E-mail Dibaca: 239
PostAuthorIcon Otto Ismail    PostDateIcon Rabu, 03 Juli 2013 18:34

Pemerintah sedang mempersiapkan peraturan tentang organisasi kemasyarakatan (ormas) pascapersetujuan DPR untuk disahkannya RUU Ormas di sidang paripurna, Selasa, kata Direktur Jenderal Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kemdagri Tanribali Lamo.

"Langkah yang kami kerjakan dalam waktu dekat adalah menindaklanjuti dengan pembentukan PP (peraturan pemerintah) serta melakukan sosialisasi terhadap ormas dan pemerintah daerah," kata Tanribali di Jakarta, Selasa.

PP tersebut akan mengatur antara lain mengenai mekanisme pendaftaran surat keterangan terdaftar (SKT) dan pemberdayaan ormas. Selain itu juga akan disusun PP yang diperlukan oleh Kementerian Luar Negeri (Kemlu) dalam menindaklanjuti ketentuan terkait ormas asing.

Lebih lanjut Tanribali mengatakan ormas yang wajib mendaftarkan keberadaan organisasi mereka adalah ormas yang baru terbentuk dan ormas yang SKT-nya sudah tidak berlaku.

"Masa pendaftaran ormas itu empat tahun, kalau sudah habis masanya mereka harus memperbarui sesuai dengan ketentuan yang berlaku dalam UU ini," jelasnya.

Sementara itu, bagi ormas yang sudah berdiri sejak sebelum masa kemerdekaan tidak diwajibkan mendaftar dan diberlakukan peraturan khusus di dalam UU itu. Organisasi keagamaan dan buruh juga tidak termasuk dalam kategori ormas, sehingga aktivitasnya tidak diatur di dalam UU Ormas.

RUU Ormas akhirnya disetujui untuk disahkan meskipun beragam penolakan masih mewarnai revisi UU Nomor 8 Tahun 1985 tentang Ormas itu. Sebanyak 139.957 ormas tercatat keberadaannya di Tanah Air, dengan rincian 65.577 tercatat di Kemdagri, 25.406 di Kementerian Sosial, 48.866 di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemkumham) dan 108 ormas asing di Kemlu.

Dengan banyaknya ormas tersebut, ditambah dengan yang belum terdaftar, Pemerintah mendukung upaya DPR untuk mengatur segala bentuk aktivitas ormas di Tanah Air. (Lutfi)

Add comment

Komentar tidak mewakili pandangan umum Majelis Umat Kristen Indonesia. Dilarang untuk berkomentar yang mengandung hujatan, fitnah, SARA dan lainnya yang merusak kedamaian. MUKI berhak untuk tidak menampilkan komentar yang dianggap tidak layak