Iklan by MUKI

Renungan

KEMENANGAN YANG ABADI

KEMENANGAN YANG ABADI, Lukas 24:1-9

Shalom saudara(i). Minggu prapaskah mengingatkan bersiap sambut hari kemenangan. Ada enam lilin dinyalakan serentak dan dimatikan satu tiap minggu sampai tiba minggu sebelum Jumat Agung. Paskah merupakan lanjutan peristiwa dari minggu Palma, Kamis Putih, Jumat Agung dan Sabtu Sunyi. Peristiwa ini saling terkait satu dengan lainnya. Paulus menulis: “Sebab yang sangat penting telah kusampaikan kepadamu, yaitu apa yang telah kuterima sendiri, ialah bahwa Kristus telah mati karena dosa-dosa kita, sesuai dengan Kitab Suci, bahwa Ia telah dikuburkan, dan bahwa Ia telah dibangkitkan, pada hari yang ketiga, sesuai dengan Kitab Suci;” (I Korintus 15:3-4). Paskah peristiwa terbesar dalam sejarah dan menyakinkan bahwa Kristus telah disalibkan dan telah mati dan telah dikuburkan dan telah bangkit pada hari ketiga. Bangkit artinya memenangkan kuasa alam maut. Kematian bukan akhir hidup, tetapi dimulainya kehidupan lain yang berbeda. Lukas menulis secara rinci tentang peristiwa kebangkitan Tuhan Yesus.

Selanjutnya...

Renungan Singkat

"Iman yang kecil bilang: Tuhan bisa melakukannya.

Iman yang besar bilang: Tuhan akan melakukannya.

Tapi iman yang dahsyat bilang: Sudah dilakukan!"

Tanpa Nama

Kristen | Pelayanan MUKI
Membangun Karakter Pemuda Indonesia PDF Cetak E-mail Dibaca: 1944
PostAuthorIcon Otto Ismail    PostDateIcon Rabu, 31 Oktober 2012 19:30

Untuk kesekian kali MUKI DKI Jakarta menggelar acara Diskusi dengan Tokoh dan Ormas Pemuda Serta Pemberdayaan Generasi Muda Kristen. Pada dialog yang diselenggarakan 30 Oktober 2012 lalu mengambil topik: ‘Pengaruh Lingkungan Global Terhadap Generasi Muda Kristiani’. Banyak tokoh yang hadir diantaranya, Mandir Ahmad Syafei, Kepala Biro Pemberdayaan Organisasi Kepemudaan,  Kemenpora.

Dalam sambutannya, Mandir mengungkapkan, pada  28 Oktober 2012 di instansi-instansi pemerintah mengadakan upacara  memperingati Hari Sumpah Pemuda. Makna apa yang terkandung dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda, lalu  untuk memaknai itu,  kita tengok sejarah perjuangan pada 84 tahun  lalu,  artinya kejadiannya pada tahun 1908, para pemuda  waktu  itu sangat antusias dan peduli kepada nasib bangsa yang saat itu dijajah oleh penjajah sekian lama.

Maka setelah dimulai Budi Utomo  sebagai cikal bakal menjadi perjuangan secara nasional.  Dan maka pada berkumpul pada kongres kedua, para pemuda   dan membacakan naskah nya  dan mereka sepakat bahwa kita ini adalah Indonesia.   Kita memang berbeda  bahkan sangat  berbeda namun tidak boleh mempersoalkan perbedaan itu.  Tetapi yang harus kita bicarakan dan yang harus disepakati kebersamaannya, dan dimana kebersamaannya adalah  Indonesia merdeka dan Indonesia sejahtera.

Oleh sebab itu mereka dalam perbedaan suku, agama, tetapi janji  kebersamaan  itulah mereka bersumpah bertanah darah  yang   satu, berbangsa yang satu dan menjunjung bangsa yang satu,

Kalau kita tengok  sejarah pada waktu itu sesungguhnya  hampir  para pemuda lebih pasih  menggunakan bahasa Belanda . Dan kalau diambil voting dan diminta bahasa persatuan saat itu mungkin bahasa Jawa karena yang hadir kebanyakan orang Jawa. Tetapi ada satu orang Melayu yang bernama Muhammad Yamin dan menyampaikan pidatonya dalam  bahasa melayu yaitu bahasa Indonesia .  Dan kesepakatan pada waktu itu  bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan.

Ini membuktikan kepada kita bahwa pada waktu itu berbicara nasional dan tidak berbicara  kesukuan. Alhasil dari itu kita merdeka pada tahun 1945, disusunlah negara kesatuan yaitu negara Indonesia dengan berbagai persyaratan didalamnya ada Pancasila.

Dan menurut saya ini harus difaktualkan kepada generasi muda untuk mengenang bagaimana dulu merumuskan negara kesatuan dari sabang sampai merauke.  Sekarang muncul masalah-masalah karena pengaruh globalisasi.

Seperti penggunaan narkoba di Indonesia sudah menjadi hantu yang menakutkan. Setiap tahun 15.000 orang meninggal dunia dan negara harus menanggung kerugian Rp 83 triliun.  Sampai saat ini pengguna narkoba di Indonesia sebanyak 3,6 juta orang.

Pengguna narkoba berasal dari kalangan pelajar, mahasiswa, rumah tangga, politisi sampai aparat pemerintahan. Tak ada satu kecamatan pun di Indonesia yang bersih dari narkoba.

Sementara kasus trafficking juga mengalami peningkatan dan Indonesia adalah lumbung perdagangan orang (3-6 juta) sebagian besar adalah anak baru gede hampir 80 persen.  Di Asia sekitar 375 ribu orang menjadi korban trafficking setiap tahunnya. Bahkan ada sekitar 50 ribu di Afrika, 75 ribu orang di Eroap Timur, 100 orang di Amerika Latin dan Karibia yang juga menjadi korban trafficking.

Tanda-tanda  jaman mengarah kepada kehancuran suatu bangsa adalah meningkatnya kekerasan di kalangan  remaja, ketidakjujuran yang  membudaya, semakin tingginya rasa tidak hormat kepada orang tua, guru dan figure pemimpin, Peer group  terhadap tindakan kekerasan, meningkatnya kecurigaan dan kebencian. Penggunaan bahasa bahasa yang memburuk, penurunan etos kerja, menurunnya rasa tanggungjawab  individu danwarga negara, meningginya perilaku merusak diri, semakin kaburnya pedoman moral.

Pembentukan Karakter

Karakter adalah kumpulan tatanilai yang terwujud dalam suatu system daya dorong yang melandasi pemikiran, sikap dan perilaku yang bisa ditampilkan secara mantap.  Atau juga  Karakter  bisa dikatakan  merupakan internalisasi nilai-nilai yang semula berasal dari lingkungan menjadi bagian dari kepribadiannya.

Karakter  didalam pengertian agama adalah akhlaq, dan perilaku yang sehari-hari  timbul  atau karakter  ukurannya kebaikan seseorang diukur dari akhlag. Karakter /akhlak yang baik mempunyai tingkat keberterimaan yang tinggi. Risalah agama bertujuan untuk menyempurnakan akhlak pemeluknya.  Kejayaan suatu bangsa terletak pada kinerja akhlaq bangsa itu sendiri.

Berdasarkan hasil  pemantauan Komisi  Nasional Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), hampir sebagian besar daerah di Indonesia terindikasi sebagai daerah korban trafficking. Baik untuk dalam maupun luar negeri. Daerah tersebut antara lain Nangroe Aceh Darussalam, Sumatera, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur.

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proes pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak  mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

Agama sama dengan kumpulan nilai-nilai yang mengatur interaksi manusia dengan lingkungan (sesame manusia, alam semesta, Tuhan, diri sendiri).  Prinsip-prinsip hidup yang mengarahkan kepada moral yang baik (akhlak mulia).

Comments  

 
0 # Anemonalove 2017-07-09 07:57
Hello fellas! Who wants to meet me? I have profile at
HotBabesCams.com, we can chat, you can watch me live for free,
my nickname is Anemonalove , here is my photo:

https://3.bp.blogspot.com/-u5pGYuGNsSo/WVixiO8RBUI/AAAAAAAAAFA/JWa2LHHFI2AkHParQa3fwwHhVijolmq8QCLcBGAs/s1600/hottest%2Bwebcam%2Bgirl%2B-%2BAnemonalove.jpg
Reply | Reply with quote | Quote